Sejarah Hidup Galileo Galilei (1564-1642)

SEJARAH HIDUP GALILEO GALILEI
(1564-1642)
Galileo lahir di Pisa Italia pada tanggal 15 Februari 1564. Ia anak laki-laki pertama daritujuh bersaudara dengan tiga orang adik laki-laki  dan empat orang adik perempuandaripasanganVincenzoGalilei seorang metematikawan dan kritikus musisi terkenal asal Florence dan istrinyaGiuliaAmmannati. Vincenzio adalah keturunan bangsawan Florentine yang kurang beruntung dan mempunyai sedikit harta kekayaan dan memiliki watak sangat pembangkang hingga membuatnya berada dalam kemiskinan.
Pada tahun 1572 Galileo dimasukkan kesekolah yang diselenggarakan oleh biarawan  didekat kota Vallombrosa, ini karena Vicenzio tidak mampu lagi membiayai pendidikan privat Galileo. Galileo merupakan murid terpandai di kelasnya, sekolah yang dijalani hanya selama tiga tahun, sehingga ia disegani oleh guru. Tahun  1581, ketika Galileo berusia 17 tahun, ayahnyamendaftarkan Galileo ke Universitas Pisa. Sang ayah memaksanya  mempelajari  ilmu kedokteran, namun Galileo lebih tertarik untuk belajar matematika. Baginya belajar kedokteran sangatlah monoton dan membosankan. Galileo lalu memutuskan untuk tetap mendalami matematika dan astronomi walau ia masih menjadi mahasiswa kedokteran. Galileo belajar matematika dari seorang guru istanah Tuscan yang bernama Cosimo de Midici.
Galileo mengamati benda-benda di sekitarnya, Galileo mengamati lampu yang bergoyang. Ia juga mengamati benda lain yang bergoyang. Dari situ ia menyimpulkan bahwa waktu yang diperlukan sebuah benda yang bergoyang adalah tetap. Dari sini dapat dirumuskan konsep pendulum dan akhirnya dapat digunakan untuk membuat alat untuk mengukur denyut nadi.
Karena kuliahnya terbengkalai, Galileo memutuskan untuk keluar dari kedokteran. 
Galileo kemudian kembali ke Florence yaitu tempat yang sama saat ia kecil menerima pendidikan di biara. Ia kemudian merintis karir sebagai penulis ilmiah. Salah satu tulisannya yang membuat dirinya terkenal di seluruh Eropa adalah karya ilmiahnya tentang Neraca Hidrostatik yang diterbitkan tahun 1586 dan tentang Pusat Gaya Berat Benda yang diterbitkan tahun 1589.

Karena hal itu akhirnya Galileo dipanggil oleh pihak Universitas Pisa Dan pada tahun 1589, ia diangkat sebagai dosen metematika di Universitas tersebut.Tetapi tahun 1592, ia pindah mengajar  ke Universitas Padua.Galileo selalu menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan. Antara  lain:II Billancetta (1585),De Motu (1590), The Starry Messenger (1610),  HistoryandDemostrasionConcerningSuunspotandTheirPhenomen (1613), The Conceerling Two new Science.        
Sembari mengajar di universitas, Galileo juga mengadakan berbagai penelitian ilmiah. Ia meneliti dan mempelajari kembali karya-karya Archimedes dan Euclid. Ia menemukan suatu kesalahan teori Archimedes tentang berat jenis. Galileo menciptakan suatu teori tentang keseimbangan hidrostatis yaitu alat untuk mengukur berat jenis benda. Ia kemudian menerbitkan tulisan ilmiah yang mengungkapkan bahwa benda yang dimasukkan ke air memiliki gaya gravitasi tertentu. Hal ini membuat teori Archimedes tentang berat jenis suatu benda bisa dipatahkan oleh Galileo.
Galileo juga mengkritisi teori yang diungkapkan Aristoteles yang menyebutkan bahwa dua benda yang beratnya berbeda jika dijatuhkan bersamaan maka yang tercepat sampai ditanah adalah benda yang paling berat. Galileo kemudian bereksperimen dengan menjatuhkan dua benda yang beratnya berbeda dari atas menara Pisa.    
Percobaan itu disaksikan oleh masyarakat banyak termasuk kalangan ilmuwan. Dari situ terlihat bahwa benda yang beratnya berbeda jatuhnya tetap bersamaan. Hal ini langsung mematahkan teori Aristoteles. Nama Galileo semakin diperhitungkan dibelantara keilmuwan.
Galileo adalah tipe ilmuwan yang tidak suka banyak berdebat. Ia lebih suka bereksperimen yang hasilnya menunjukkan hasil yang akurat ketimbang hanya berdebat.Galileo disebut juga sebagai “bapak” zaman eksperimental dan orang yang meletakkan dasar-dasar metode ilmu pengetahuan modern. Galileo adalah tokoh ke 13 dalam buku “seratus tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah”.
Menjelang akhir hidupnya, Galileo terpaksa bentrok dengan pihak gereja karena pemikirannya yang melawan arus. Galileodinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman tahanrumah seumur hidup. Dan Galileo wafat pada tanggal 8 januari 1642 dalam keadaan buta, dalam usia 77 tahun, saatditemaniolehVincenzoVivianisalahseorangmuridnya. Setelahmeninggaltubuhnyatidaklangsungdikuburkan, melainkantetapdisimpanhinggatahun 1737, hamperseabadberikutnya. Bahkan, sebelumdikuburkan di Gereja Santa Croce, Florence, Italia, seorangbangsawanmemotongtigajari-jari Galileo sebagaiuntukdijadikan "kenang-kenangan". DuadarijariitukemudiandimilikiolehseorangdokterItali, danjariketiga–sepotongjaritengah–saatiniberada di Museum SejarahIlmuPengetahuan di Florence, Italia, dipajangmenunjukkelangit di atastiangmarmer. Suatu pernyataan Galileo yang perlu selalu diingat adalah “bebas bertanya dan bebas menjawab harus merupakan prinsip dari setiap ilmiawan”.

Comments

Popular posts from this blog

LAPORAN PENGUKURAN PANJANG

LAPORAN PRAKTIKUM : PENENTUAN PERCEPATAN GRAVITASI BUMI DENGAN METODE AYUNAN BANDUL

LAPORAN PENGUKURAN MASSA